Kontroversi Kudeta Prabowo - A. Pambudi

    Author: Free Download Genre: »
    Rating

    Masa transisi dari Presiden Soeharto ke Presiden Habibie diwarnai banyak gejolak dan kontroversi. Pertama, meletusnya aksi kerusuhan 13-15 Mei 1998 yang dipicu oleh penembakan empat mahasiswa Trisakti oleh seseorang tak dikenal. Peristiwa itu sangat menentukan rangkaian peristiwa yang lain. Namun hingga kini tidak diketahui siapa yang menembak, dan yang lebih penting lagi, siapa aktor intelektual di balik penembakan tersebut.

    Kedua, rumor kudeta yang dikatakan akan dilakukan oleh Pangkostrad Letjen Prabowo. Kerusuhan terjadi ketika Presiden Soeharto berada di luar negeri. Skenarionya, Letjen Prabowo akan muncul sebagai "penyelamat" dari kekacauan. Namun dalam perkembangannya, Presiden Soeharto mengundurkan diri secara mendadak, Habibie mengambil alih kepemimpinan nasional, dan kekuatan Prabowo cs dieliminasi dari jajaran ABRI.

    Habibie telah mengeluarkan memoarnya, yang mengupas kon­troversi belakangan. Tidak disinggung mengenai siapa yang berada di balik penembakan mahasiswa Trisakti. Betapapun demikian, buku Habibie menjadi pemicu bagi para pelaku sejarah lain, khususnya Wiranto dan Prabowo, untuk angkat bicara. Mereka saling balas memberi komentar, dan saling mengajukan fakta menurut versi mereka sendiri.

    Kehadiran buku ini mencoba merangkai komentar, pendapat, serta cerita dari para pelaku sejarah, yang bersumber dari biografi, memoar, wawancara yang dimuat media massa, serta sejumlah pemberitaan media massa. Sifatnya memang parsial, namun jika dikompilasikan akan tampak apabila ada kisah yang bertentangan. Kalau ada yang tidak konsisten, publik akan mengetahuinya. Jadi, diharapkan kelak akan tersusun cerita yang obyektif, komplet, dan berdasarkan fakta yang sebenarnya. Wiranto dan Habibie telah menuliskan buku tentang bagaimana peran mereka dalam peristiwa 1998. Prabowo pernah mengeluarkan
    "buku putih"-nya.Semua itu merupakan bahan kajian yang amat berharga bagi para sejarawan untuk menyusun sejarah yang sesungguhnya pada periode transisi Soeharto-Habibie. Mudah-mudahan bermanfaat. 
    Download eBook Kontroversi Kudeta Prabowo - A. Pambudi [Click Here]

    Leave a Reply